PDM Muhammadiyah  Aceh Tenggara Gelar Musyda

- Redaksi

Jumat, 18 Agustus 2023 - 09:50 WIB

51,228 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ara News – Kutacane: “Membumikan Islam Berkemajuan, Meneguhkan Jati Diri Persyarikatan”, menjadi tema Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara)Ke-15, dalam periodesasi Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang digelar pada tanggal 02-03 Safar 1445 H/ 19-20 Agustus 2023.

Bersamaan dengan itu  juga digelar Musyda organisasi Otonom Muhammadiyah tingkat daerah yaitu Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah dan Tapak Suci Putra Muhammadiyah, sebut  Sekretaris Pimpinan Daerah  Muhammadiyah Agara, Masri Amin,SE,M.Si ,jum’at,(18/8).  “Kegiatan Musyda  dipusatkan di komplek Perguruan Muhammadiyah,Terandam, Kutacane”, ujar Masri.

Dipaparkan, bahwa rangkaian kegiatan  Musyda , yakni, pada hari Sabtu,19 Agustus 2023,  warga Muhammadiyah Agara melakukan Pawai Ta’aruf . ” Seluruh komponen Keluarga Besar Muhammadiyah Aceh Tenggara ,serta diikuti juga unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh,  beserta Ortom tingkat wilayah menyemarakan pawai, yang dilaksanakan melintasi  rute seputar kawasan kecamatan Babussalam,  areal perkotaan ,kota Kutacane .

Selanjutnya , kata Masri Amin, pada hari Minggu, 20 Agustus 2023 ,merupakan puncak acara. Pada hari minggu tersebut,  dilangsungkan acara Musyda dengan agenda utama  memilih Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Aceh Tenggara beserta Ortomnya masa khidmad 2022-2027, merumuskan kerangka umum program kerja,  dan beberapa rekomendasi strategis persyarikatan tingkat daerah.

Agenda Musyda tersebut, akan di buka oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh,  dan turut dijadwalkan Pj.Bupati Aceh Tenggara Drs.Syakir,M.Si memberikan kata sambutan, sebut Masri Amin.

“Aceh Tenggara sebagai bagian dari Aceh yang menempatkan Syariat Islam sebagai nafas akan menjadi perhatian khusus dalam Musyda ini”. Terlebih posisi Aceh Tenggara yang pluralis dan menjadi serambi-nya Aceh yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara, tentu dinamikanya sangat berbeda dengan Kab/Kota lainnya di Aceh. Karena itu tema yang diambil Membumikan Islam Berkemajuan menemukan momentum”, ujar Masri.

“Islam Berkemajuan” yang dikembangkan Muhammadiyah,  merupakan suatu “pandangan keagamaan” yang digunakan sebagai pedoman warga persyarikatan , untuk dapat menjalankan dakwah dengan konteks kekinian sebagai bingkai pemikiran Muhammadiyah , dalam memasuki zaman yang kompleks. Dengan demikian, pemikiran atau penafsiran Islam harus selalu dikembangkan guna menghidupkan spirit pembaruan akan kemajuan peradaban umat Islam. Dengan demikian akan meneguhkan kembali jati diri persyarikatan”, tambahnya.

“Muhammadiyah punya peran panjang dan jejak di Aceh Tenggara. Peran positif itu tentu harus terus dilanjutkan ditengah tantangan Aceh Tenggara yang semakin kompleks. Muhammadiyah harus terus berkontribusi dan mencerahkan untuk Aceh Tenggara yang lebih baik. Generasi keluarga besar Muhammadiyah terdahulu mampu berkontribusi untuk Aceh Tenggara, diantaranya mengikhlaskan Masjid Taqwa milik keluarga besar Muhammadiyah menjadi Masjid (Agung) Kabupaten. Seharusnya keluarga besar Muhammadiyah kini terus mampu berkontribusi tanpa henti untuk kemajuan Bumi Sepakat Segenep mengikuti jejak generasi terdahulu”, tegas Masri Amin.

“Diharapkan dari pelaksanaan Musyda  Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Aceh Tenggara  Ke-15 ini,  akan melahirkan pimpinan Daerah yang dapat mewujudkan harapan segenap keluarga besar Muhammadiyah, khususnya,  dan Masyarakat Aceh Tenggara umum-nya.

Informasi yang dihimpun Ara News, nama-calon ketua yang bakal diusung diforum Musyda Muhammadiyah Agara, antara kain, DR.H.Muliadi Imami, H.Rully Pardian, Bagindo Aftizal, Rochmat Santoso, Masri Amin dan Cili Piliang . Sementara itu suasana hangat,gerilia calon ketua , justru santer terdengar pada kandidat calon ketua Aisyiyah. Adapun nama-nama bakal calon ketua Aisyiyah Agara,  yang mengemuka, antara lain, Titik Amelia, Sofarita, Nelly Ernita, Nurbaiti, dan Erlina Muis.

Terkait mencuatnya nama-nama calon ketua PD Muhammadiyah Agara dan calon Ketua Aisyiyah Agara, Masri  Amin mengatakan, tradisi Muhammadiyah itu bermusyawarah. Muhammadiyah Senantiasa mengedepankan keteduhan, dan dengan keteduhan diharapkan akan melahirkan Pimpinan yang bervisi berkemajuan”,Pungkas Masri Amin.( MP)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Suhaidi: Membangun Berbasis Desa.
Pak Aradi Siap Hadir Dalam Pertemuan Guru Besar di Gayo Lues
Yudi Warga Penosan di Bunuh 2 Begal
BNPB Pusat Bantu Korban Banjir AGARA
Musyda Muhamadiyah Aceh Tenggara ke 15  : Rully Pardain ketua PDM Agara. Nelly Ernita Ketua Aisyiyah
M.Syakir Himbau Warga Agara Berdoa Dijauhkan Dari Bencana
Plus Minus Tahun Pertama Syakir Menjabat Pj. Bupati Agara
Kecamatan Semadam Juara MTQ Ke 39 Agara.

Berita Terkait

Rabu, 19 Juni 2024 - 13:14 WIB

SD, SMP dan SMA Muhammadiyah Buka Lowongan Kerja

Senin, 17 Juni 2024 - 11:37 WIB

Kampung Jawa Kurban 10 Lembu 15 Kambing.

Rabu, 12 Juni 2024 - 17:01 WIB

Eksplorasi Mineral di Pantan Cuaca, PT GMR Diminta Utamakan Putra Daerah

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:55 WIB

Jelang Idul Adha Harga Sembako Gayo Lues Relatif Stabil.

Selasa, 11 Juni 2024 - 19:52 WIB

Suhaidi: Membangun Berbasis Desa.

Kamis, 6 Juni 2024 - 10:10 WIB

Dilantik, 282 P3K Diminta Berikan Layanan Terbaik Kepada Masyarakat

Rabu, 5 Juni 2024 - 20:08 WIB

UIN Takengon Jalin Kerja Sama PPG Dengan Dinas Pendidikan Gayo Lues

Rabu, 5 Juni 2024 - 14:03 WIB

PUPR Gayo Lues Tambah Excavator Baru

Berita Terbaru

GAYO LUES

Arung Jeram Putri Betung Menantang Namun Menyenangkan

Sabtu, 16 Sep 2023 - 18:55 WIB

GAYO LUES

SD, SMP dan SMA Muhammadiyah Buka Lowongan Kerja

Rabu, 19 Jun 2024 - 13:14 WIB

GAYO LUES

Kampung Jawa Kurban 10 Lembu 15 Kambing.

Senin, 17 Jun 2024 - 11:37 WIB

GAYO LUES

Jelang Idul Adha Harga Sembako Gayo Lues Relatif Stabil.

Rabu, 12 Jun 2024 - 16:55 WIB

ACEH TENGGARA

Suhaidi: Membangun Berbasis Desa.

Selasa, 11 Jun 2024 - 19:52 WIB