404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Hari Ini Muhammadiyah Gayo Lues Sudah Berpuasa

BLANGKEJEREN- Ara News: 11 Maret 2024, Perbedaan penetapan awal ramadhan tidak menyurutkan semangat warga Muhammadiyah untuk melaksanakan Puasa hari ini.

Hal ini karena mereka yakin dengan dengan keputusan yang dikeluarkan oleh PP Muhammadiyah sebagai induk Organisasi Islam nomor dua terbesar ini

Sebagaimana kita ketahui bahwa Penetapan 1 Ramadhan 1445 H telah tertuang dalam Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024. Maklumat ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti pada 12 Januari 2024

Muhammadiyah tetapkan 1 Ramadan 1445 H pada 11 Maret, selain dari pada itu Muhammadiyah juga telah menetapkan Idulfitri 1 Syawal pada 10 April, dan Puasa Arafah 9 Zulhijah pada 16 Juni, serta Iduladha 10 Zulhijah 1445 H pada 17 Juni 2024

Seperti yang kita lihat dalam pelaksanaan Shalat Tarawih tadi malam 10 Maret 2024 antusias sebagian masyarakat cukup tinggi, hal ini dilihat dari jumlah jama’ah yang hadir. Dalam pelaksanaan Dhalat Tarawih tadi malam bertindak sebagai imam Ust. Andi Mashuri sedangkan ceramah singkat diisi oleh Ketua PDM Drs. Aji Saputra, M. Pd.

Alhamdulillah mesjid Taqwa, Blangkejeren penuh malam ini ujar Syiar, ST selaku pengurus BKM Mudah-mudah akan terus ramai seperti ini, bahkan kita berharap jama’ah akan bertambah banyak dihari berikutnya (Arl)

Mengali Tidak Harus Menambah, Mengurang dan Membagi

Buniyamin S

Genderang perang untuk bersaing dalam Pilkada 2024 sudah mulai terngiang. Banyak pihak mencoba mengutak atik kandidat dan pasangannya. Mulai dari tokok tua dan muda, termasuk memadukan antara tokoh tua dan muda, baik yang sudah kenyang dengan pengalaman atau masih pemula dalam percaturan politik-pilkada.

Yang paling mencolok adalah memadukan tokoh-tokoh dengan keterwakilan di tiga daerah pemilihan, yaitu memadukan tokoh dari daerah pemilihan satu, dua dan tiga. Termasuk bahasan kekuatan finansial yang dimiliki masing-masing kandidat.

Sebagai sebuah harapan dan kenyataan, Gayo Lues membutuhkan sosok tangan dingin dan visi jauh kedepan jika negeri ini ingin bangkit dari berbagai masalah yang ada, seperti menekan sekecil mungkin skat-skat kedaerah via daerah pemilihan yang ada. Dipihak lain bagaimana memupus pikiran para kandidat untuk menjadikan Gayo Lues sebagai lumbung menghimpun keuntungan yang besar dari bermacam celah yang memungkinkan untuk itu.

Untuk mengisi kursi BL 1 B, kita akan berhadapan dengan sosok siapa dan seperti apa nantinya. Apakah hanya pinter menggores harapan dalam visi misi. Pinter menghumbar janji via retorika atau siapa yang memiliki kemampuan finansial. Perkalian itu susah di jawab ketika akar rumput berhadapan dengan kesulitan ekonomi, lapangan kerja yang yang susah dan disatu sisi negeri ini butuh panutan yang mumpuni.

Untuk menjawabnya, radar masyarakat mencoba mengali sosok yang dianggap mampu untuk itu, terlepas dari bermacam kelemahan, kekurangan dan keunggulan.

Sosok yang masuk dalam radar perkalian tersebut adalah, Ali Husin, H.M Amru, Said Sani, Abu Bakar Karim, Ihsan Hasrimy, Herlambang (Lambung). H. Rauh. Idris Arlem, El Amin. Ardi Adji. Zulkufli dan akan muncul beberapa nama lagi.

Berbagai analisa, faktor kemampuan, faktor kecocokan yang mewakili dapil, pengalaman dan lain-lain akan pupus ketika faktor extrim isi saku akan menjadi sisi paling besar dan menentukan dalam meraih dan merebut orang nomor satu dinegeri seribuk bukit ini.

Satu sisi dalam perkalian itu adalah bagaimana sosok yang ingin tampil sudah kehilangan napas dalam rangka mengikuti pileg yang baru digelar. Situasi ini menjadi momen paling ampuh dijadikan peluang sementara pihak untuk mencari dalih bahwa ini adalah kesempatan dan peluang yang menguntungkan.

Tentu ini adalah perkalian yang tidak berbanding lurus dengan penjumlahan dari hasil menambah, mengurang dan membagi.

PD. Muhammadiyah Beserta PD Aisyiyah Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

BLANGKEJEREN -Ara News: Pengurus Daerah Muhammadiyah dan Pengurus Daerah Aisyiyah menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Kutalintang dan Centong, senin 05/02/24.

“Untuk hari ini kami menyerahkan bantuan pakaian layak pakai dan 46 amplop berisi uang sebesar Rp. 300.000,- dengan total keseluruhan sebesar Rp. 13.800.000,- sementara untuk korban kebakaran centong kami baru serahkan 17 amplop yang per amplopnya berisi Rp 250.000,- dengan total Rp. 4.250.000” Kata Ketua PD. Muhammadiyah, Aji Syahputra.

Inshaa Allah apabila masih ada yang menyalurkan bantuan akan berikan kembali kepada suadara-saudara di Centong karena walaupun bantuan sudah diserahkan namun POSKO di depan mAsjid Taqwa masih tetap dibuka demikian ungkap Syafruddin selaku Sekretaris Muhammadiyah Gayo Lues. Kita berharap Saudara-Sauadara kita yang berkemudahan dapat menyisihkan sedikit rezeki untuk kita barikan kepada Saudara kita yang tertimpa musibah. (Arl)

DCT Anggota DPRK Gayo Lues Pemilu 2024 Dapil Gayo Lues 3

DCT Anggota DPRK Gayo Lues Pemilu Tahun 2024 Dapil Gayo Lues 2

DCT Anggota DPRK Gayo Lues Pemilu Tahun 2024 Daerah Pemilihan Gayo Lues 1

MDMC Muhammadiyah Kumpulkan Sumbangan Untuk kepada korban Musibah Kebakaran di Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Ara News: PD Muhammadiyah Gayo Lues beserta ortom dan AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) membuka POSKO sumbangan didepan masjid Taqwa Blangkjeren, Gayo Lues.

Ketua Lembaga MDMC Faisal Padli kepada Ara News rabu 31/01/24 mengatakan, bantuan yang didapat akan disalurkan kepada korban yang terkena musibah kebakaran baik di Centong Atas Kutalintang dan Bukit.

Pengurus Daerah Muhammadiyah Gayo Lues Syafruddin berharap kiranya partisipasi masyarakat akan bertambah besar untuk membantu dan meringankan beban korban musibah kebakaran di tiga daerah tersebut.

Selain itu Pengurus Daerah Muhammadiyah juga telah menginstruksikan kepada seluruh Cabang Muhammadiyah se Kabupaten Gayo Lues untuk berusaha mengumpulkan sumbangan. Harapan kami kepada masyarakat luas kiranya dapat menyumbangkan sedikit rezekinya untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah, sumbangan itu dapat berupa Pakaian layak pakai, Sembako dan lain-lain yang bermanfaat. Antar saja ke POSKO MDMC depan masjid Taqwa, nanti akan kita salurkan kepada korban, demikian ucap Faisal Padli. (Arl)

Koordinator Bantu Negeri dari Penerus Negri Aceh Qausar Harta Yudana Kampanye Tatap Muka Dengan Masyarakat di Nagan Raya

 

NAGAN RAYA – Ara News; Qausar Harta Yudana Caleq DPR-RI di Gampoeng Ujong Padang Kecamatan.Kuala, Kabupaten Nagan Raya-Aceh, selaku koordinator Relawan Bantu Negeri  dalam misinya baru-baru ini. ada tiga kegiatan yang di laksanakan,yaitu : pentingnya Generasi muda maju sebagai anggota legislatif mewakili masyarakat Aceh di lingkup pembuat kebijakan strategis pembangunan berkelanjutan.

Dalam kegiatan tersebut Qausar harta yudana melakukan pemaparan strategi penanggulangan stunting yg sedang di prioritaskan oleh pemerintah.

Qausar hartaYudana, juga membemberikan modal usaha ke kelompok UMKM yg ada di wilayah Nagan Raya sebagai bentuk memajukan produk-produk di daerah khusunya di nagan raya dan pada umumnya di provensi aceh yang mana bantuan ini dipergunakan untuk peningkatan nilai-nimlai UMKM lokal agar bisa bersaing di Nasional, serta bantuan tersenut  diberikan kepada beberapa  kelompok yang di bentuk oleh tim bantu negri dari penerus negeri. Serta diselasela acara koordinator penerus negeri  Qausar hartaYudana bersama tim membagikan sembako kepada masyarakat.

Gibran Raka Buming Raka,salah salah satu  Cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto dengan No urut 2 yang menjadi sponsor Relawa  Bantu Negeri dari Penerus negeri .

Tambahnya, sementara Qausar harta yudana selaku koordinator bantu negeri dari penerus negeri sekaligus merupakan Caleg DPR-RI nomor urut 1 dari partai solidaritas Indonesia yg belambang genggaman bunga mawar bernomor 15, merupakan partai pendukung pasangan capres cawapres no urut 2 Prabowo-Gibran.

Adapun langkah dan pemenangan yg akan di lakukan bukan hanya sekedar mengajak masyarakat memilih dengan mencoblos kertas suara yg mengarah ke qausar harta yudana, tapi lebih mengajak dan mengedukasi para pemilih lebih hati hati menggunakan hak suara.

Qausar harta yudana,beliau juga berharap kepada masyarakat jangan karena menerima pemberian uang lantas mengantikan dengan suara pilihan,partai yg mengusung qausar harta Yudana,berkomitmen anti korupsi dan akan mengawal pemilu 14 Februari 2024,agar dapat menghasilkan pemilu yg berkualitas dan tanpa money politik.

Dalam orasi politik nya,qausar harta yudana juga menyampaikan,apabila terpilih sebagai anggota DPR-RI,sebagai program utama yg akan menjadi prioritas utama adalah,infrastruktur jalan pedesaan,peningkatan pelayanan kesehatan dan UMKM,serta kegiatan sosial berbasis melenial sejalan dengan visi misi cawapre Prabowo-Gibran bersama relawan Bantu Negeri dari Penerus Negeri.

Qausar harta Yudana mengatakan ucapan terimakasih kepada masyarakat nagan rayabbatas antusiasnya mengikuti acara ini semoga silaturrahmi ini selalu terjaga beliau  juga di dampingi oleh ibunda tercinta,yaitu Bunda Yuyun. (Abd)

Pasar Centong Membara Belasan Ruko Hangus Terbakar

 

BLANGKEJEREN – Ara News:  Gayo Lues kembali berduka sedikitnya 18 unit rumah di Pasar Centong atas kota Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues hangus di lalap- sejago merah.

Pada pristiwa yang mengenaskan ini tidak menelan korban jiwa.  api di perkirakan dari hubungan arus pendek listrik  pada salah satu rumah. Pristiwa terjadi pada sabtu 27 /01/24 pada saat  adzan Subuh pertama.

Kapolsek Kota Blangkejeren Iptu Irwansyah  menyebutkan pristiwa terjadi sekira pukul 04.30 WIB, datangnya api di perkirakan dari hubunganarus pendek listrik dari salah satu ruko. Api baru dapat di padamkan sekira pukul 07.00 WIB hingga pukul 08,00 WEIB  pemadam kebakaran masih berusaha mendinginkan api. Dari data sementara di ketahui korban kebakaran berjumlah 18 KK. Sementara kerugian harta benda masih dalam perhitungan.

Radiasin alias Acin salah satu korban kebakaran Pasar Centong atas mengatakan usai sholat shubuh dirinya mendengar ada suara gemuruh diatas loteng rumahnya, saat dicek api sudah memakan sebagaian atap rumahnya. dengan sepontan dirinya langsung turun kebawah untuk membangunkan anak dan istrinya lalu membawaknya keluar rumah.

Dalam pristiwa itu Acin menyebutkan tidak sempat membawak harta benda,  yang diselamatkan hanya pakaian  ganti anaknya. Sementara barang seperti surat-surat berharga tidak sempat di selamatkanya. Semua harta benda dan barang dagangan pakaian jadi ikut hangus terbakar semuanya. Apalagi rumahnya masih berstrukturkan  papan pinus yang muda terbakar.

Kepala BPBD Gayo Lues Suhaidi menyebutkan pristiwa  pihaknya sudah melakukan persiapan masah panik dengan menapung sementara korban kebakaran di Gedung Pertemuan Bale Musara. Dari Dinas sosial juga sudah menyiapkan dapur umum. Persiapan masa panik akan di lakukan selama satu minggu kedepan.

Kapolres Gayo Lues AKBP Styawan  Eko Prastiyo menghimbau masyarakat agar waspada terhadap kebakaran . terutama berkaitan dengan arus listrik yang dapat memicu kebakaran, masyarakat diminta agar mengecek kembali sambungan dan instalasi listrik dirumah masing-masing. Terkhusus bagi rumah yang berstruktur papan. Agar lebih waspada. (A. Diba)

17 Rumah di Centong Atas di Lalap Dijago Merah

 

BLANGKEJEREN – Ara News: Sebanyak 17 rumah di Centong atas Blangkejeren hangus terbakar dilalap sijago merah 27/01/24.

Kebakaran yang diperkirakan mulai pukul 04.30 baru bisa dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB. Untuk saat ini kerugian belum bisa dihitung. Demikian pula sumber api belum dapat diketahui.

Masyarakat kota Blangkejeren mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak Dinas Kebakaran yang telah berjibaku memadamkan api sehingga tidak meluas. Untung Pemadam sigap sehingga kebakaran tidak melebar  demikian ucap Malik. Sampai berita ini dikirim ke meja redaksi Ara News pukul 06.41 pihak Pemadam masih terus memadamkan sisa-sisa kebakaran tersebut (Arl)