Bupati Amru Buka Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja

0
76

Blangkejeren (Ara News) : Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru membuka acara kegiatan pelatihan kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Gayo Lues, di Balai Latihan Kerja (BLK), Kampung Lempuh, Blangkejeren, Senin (16/09/2019).

Peserta pelatihan berasal dari 11 kecamatan, jumlah keseluruhan 160 orang terbagi peserta las karbit 44 orang, peserta pengolahan limbah kayu 46 orang, pelatihan otomatif junior 30 orang dan pelatihan garmen apparel 40 orang.

Untuk pelatihan kejuruan las karbit akan dilaksanakan selama 20 hari, pelatihan pengolahan limbah selama 12 hari, pelatihan otomatif junior 20 hari, dan pelatihan garmen apparel selama 24 hari.

Bupati Gayo Lues dalam sambutannya menyampaikan, sumber daya manusia akan mengalami peningkatan kinerja yang penuh dengan tantangan yang semakin berat, untuk mengurangi angka pengangguran di provinsi Aceh khususnya kabupaten Gayo Lues, dan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang profesional diberbagai bidang perlu ditunjang dengan motivasi yang tinggi dan keterampilan yang terampil ditengah perkembangan yang semakin pesat dan penuh dengan persaingan di bidang ketenagakerjaan.

Bupati menerangkan, setiap saat pencari kerja dituntut untuk giat bekerja di mana pun berada dan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan persaingan global, serta harus mampu menghadapi itu semua. Selain persoalan SDM, yang tidak kalah penting adalah peran para pejabat yang ada di Pemerintahan, hal ini merupakan tugas pada bidang ketenagakerjaan kabupaten Gayo Lues untuk bersama-sama menanggulangi pengangguran, dan Pemerintah provinsi Aceh/kota berkewajiban membangun sikap mental yang sehat dan positif serta berpikir dan bekerja cerdas.

“Rasa percaya pada pemerintah hanya akan muncul bila pelaksanaan kegiatan pendidikan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja harus mampu mengembangkan sifat amanah, jujur, integritas dan kedisplinan yang berpegang pada yang baik, dan ini aspek pendukung yang utama dalam pelaksanaan kegiatan di BLK,” ujarnya.

“Kegiatan ini pun mempunyai payung hukum berdasarkan Perbub kabupaten Gayo Lues nomor: 21 tahun 2018 tanggal 04 Mei 2018 M/ 18 sya’ban 1439 H tentang pembentukan unit pelaksana teknis balai latihan kerja pada dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten Gayo Lues, maka dari itu mari kita sama-sama fungsikan BLK ini dengan berbagai kegiatan seperti pelatihan ini,” ujarnya.

Bupati mengatakan, secara umum, dirinya sangat mendukung program dan kegiatan pendidikan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja, agar para peserta pelatihan kejuruan las karbit, pengolahan limbah kayu, mekanik junior, dan pelatihan kejuruan garmen apparel mampu bekerja dengan baik, mengelola keahlian yang dimiliki serta bisa memotivasi meningkatkan kinerja sehari-hari l, sehingga kesempatan kerja makin luas dan akan meningkatkan taraf hidup jauh dari angka kemiskinan.

“Secara khusus, pendidikan, pelatihan, dan keterampilan ini mampu membangkitkan motivasi kerja bagi peserta, dan motivasi ini bisa bangkit apalagi adanya dukungan dari pemerintah dengan cara memfasilitasi (BLK) melatih dan memberikan bantuan modal usaha, selain itu juga harus ada inisiatif dari para pekerja itu sendiri dan didukung oleh masyarakat luas,” ujarnya.
(Abdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here